Tidur dengan Lampu Nyala Sebabkan Kanker Payudara

TERLALU banyak cahaya buatan pada malam hari dari gadget dan lampu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tidak saja kesehatan mata yang terancam, tapi juga ancaman kanker payudara.Lampu memang sangat penting bagi masyarakat modern, tetapi penerangan tersebut bisa menimbulkan efek negatif ketika digunakan saat Anda tidur.

American Medical Association (AMA) baru saja menerima rekomendasi dari laporan yang mengatakan bahwa paparan cahaya dari lampu jalan atau layar televisi berhubungan dengan gangguan tidur. AMA bahkan menambahkan bahwa menyalakan lampu sepanjang waktu dapat menyebabkan penyakit kanker, obesitas, dan diabetes.

Ahli kanker, Profesor Richard Stevens dari University of Connecticut mengatakan, “Ini adalah pengakuan oleh badan kesehatan utama (Amerika Serikat), American Medical Association bahwa ini (cahaya buatan) merupakan masalah lingkungan yang berpotensi memiliki dampak besar terhadap kesehatan masyarakat.”

Profesor Stevens menjadi orang pertama yang berhipotesis bahwa meningkatnya penggunaan cahaya buatan pada malam hari mungkin terkait dengan tingginya risiko kanker payudara.

“Cahaya pada malam merubah fisiologi kita dalam jangka pendek. Kita tahu bahwa cahaya buatan mengganggu ritme atau irama sirkadian (siklus biologi tubuh selama 24 jam) dan menekan atau mengurangi hormon melatonin (hormon natural yang diproduksi tubuh untuk mengembalikan jam tidur biologis),” katanya. Melatonin telah terbukti dapat menghambat kanker payudara pada tikus laboratorium, seperti dilansir Dailymail.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: